Kamis, 13 Oktober 2011

Strategi Belajar Di Perguruan Tinggi


Kuliah di perguruan tinggi boleh jadi merupakan salah satu pengalaman hidup yang terpenting bagimu. Sayang sekali pengalaman ini tidak selalu merupakan pengalaman yang menyenangkan, terkadang justru dapat berubah menjadi salah satu pengalaman tragis seseorang (misalkan kamu terlarut dalam sebuah kegiatan kelompok mahasiswa, dan terseret ikut tawuran, dan akhirnya masuk rumah sakit beberapa minggu!). Dengan strategi kuliah yang tepat, kuliah dapat kamu ubah dari kehidupan yang monoton, dan membosankan menjadi pengalaman hidup penuh tantangan yang paling manis dan berharga.
Di samping membutuhkan dana yang tidak sedikit, kamu yang kuliah juga menghadapi beragam masalah yang unik, berbeda-beda dari satu mahasiswa ke mahasiswa lainnya. Ini disebabkan karena latar belakang sosial-ekonomi yang berbeda, aspirasi, lingkungan belajar di kampus yang berbeda, interaksi lintas budaya, lintas klas-sosial, dan banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kualitas kuliah sebagai sebuah pengalaman hidup.
Masalah yang kamu persepsikan dapat amat beragam. Kamu mungkin menganggap “lulus tidak tepat waktu” sebagai masalah, atau bahkan “lulus tidak cum laude” sebagai masalah bila kamu selama ini selalu juara kelas. Ada lagi kamu yang berpikir bahwa “lulus dengan IP pas-pasan” sebagai masalah, ataupun “Lulus, tapi tidak dapat pekerjaan terlalu lama” sebagai masalah. Semua persepsi masalah ini, bila kamu sadari, memerlukan strategi kuliah yang berbeda-beda.
Menghadapi rangkaian masalah khas yang harus kamu hadapi selama masa kuliah, tentu diperlukan semacam strategi kuliah, agar dalam keterbatasan waktu, dana, tingkat aspirasimu, penyelesaian kuliahmu bukanlah peristiwa yang kebetulan, melainkan suatu keadaan yang sedikit banyak telah kamu antisipasi dan kamu ” rencanakan”.
Di samping itu kamu harus mempunyai strategi atau rencana untuk belajar di perguruan tinggi agar bias mudah masuk dan harus tetap semangat untuk  mencapai tujuan yang drencanakan sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akuntansi Internasional 2

BAB 10         1.      Manajemen Resiko Keuangan           Manajemen risiko adalah suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam men...