Bab 6
Pengertian Manajemen Dan Perangkat Organisasi
Definisi Manajemen menurut Stoner adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian,
pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumberdaya
organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.
Pengertian koperasi menurut Dr.C.C. Taylor Beliau adalah seorang
ahli ilmu Sosiologi, dapat diperkirakan tinjauan beliau adalah tinjauan yang
menganggap bahwa Koperasi adalah konsep sosiologi. Menurutnya koperasi ada dua
ide dasar yang bersifat sosiologi yang penting dalam pengertian kerja sama :
a. Pada dasarnya
orang lebih menyukai hubungan dengan orang lain secara langsung. Hubungan
paguyuban lebih disukai daripada hubungan yang bersifat pribadi.
b. Manusia
(orang) lebih menyukai hidup bersama yang salig menguntungkan dan
damai daripada persaingan. Sesuai dengan pandangan Taylor tersebut
Koperasi dianggap lebih bersifat perkumpulan orang daripada perkumpulan modal,
selain dari sudut pandang ETIS/ RELIGIOUS dan sudut pandang EKONOMIS
Definisi manajemen koperasi yang sering dipakai
adalah suatu cara mencapai tujuan koperasi dengan bekerjasama sesuai dengan
nilai dan prinsip koperasi, definisi ini tidak akan anda temukan dalam jurnal
manajemen koperasi manapun karena saya memang ini adalah hasil pemikiran saya
yang saya rumuskan sendiri (“,)
Dengan demikian Manajemen Koperasi dapat diartikan sebagai
suatu proses untuk mencapai tujuan melalui usaha bersama berdasarkan azas
kekeluargaan.Untuk mencapai tujuan Koperasi, perlu diperhatikan adanya sistim
Manajemen yang baik, agar tujuannya berhasil, yaitu dengan diterapkannya
fungsi-fungsi Manajemen.
Rapat Anggota Merupakan suatu wadah dari para
anggota koperasi yang diorganisasikan oleh pengurus koperasi untuk membicarakan
kepentingan organisasi maupun usaha koperasi dalam rangka mengambil keputusan
dengan suara terbanyak dari para anggota yang hadir. Pasal 22 UU No. 25
tahun 1992 tentang perkoperasian yaitu:
Rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam
koperasi
Rapat Anggota di hadiri oleh anggota yang pelaksanaanya
diatur dalam Anggaran Dasar
Rapat anggota juga diartikan sebagai institusi karena telah
melembaga dalam organisasi koperasi dan pelaksanaannya diatur dalam Anggaran
Dasar Koperasi
Pengurus Koperasi
adalah orang-orang
yang bekerja di garis depan, mereka adalah otak dari gerakan koperasi dan
merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknya suatu koperasi.
Tugas dan kewajiban pengurus koperasi adalah memimpin organisasi dan usaha
koperasi serta mewakilinya di muka dan di luar pengadilan sesuai dengan
keputusan-keputusan rapat anggota. Menurut Leon Garayon dan Paul O.
Mohn dalam bukunya “The Board of Directions of Cooperatives” fungsi
pengurus adalah:
• Pusat pengambil keputusan tertinggi
• Pemberi nasihat
• Pengawas atau orang yang dapat dipercaya
• Penjaga berkesinambungannya organisasi
• Simbol
Pengawas seperti halnya pengurus
dipilh oleh RA untuk mengawasi pelaksanaan keputusan RAT Pada prisipnya tugas
pengawas tidak untuk mencari-cari kesalahan tetapiuntuk menjaga agar kegiatan
yang dilakukan oleh koperasi sesuai dengan RA.. apabila pengawas menemukan
penyimpangan maka itu harus dikonsultasikan kepada pengurus untuk diambil
tindakan, selanjunya hasil pengawasan dilaporkan kepada RA.
Pengawas Tetap Adalah pengawas yang dipilih pada rapat
anggota.
Tugas, kewajiban dan wewenang pengawas secara umum adalah sebagai berikut.:
Tugas, kewajiban dan wewenang pengawas secara umum adalah sebagai berikut.:
- untuk melaksanakan tugasnya pengawas berwenang Pengawas
bertugas
melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan
pengelolaan organisasi.
- Dalam rangka pelaksanaan tugas pengawas wajib membuat
laporan tentang
hasil kepengawasanya dan merahasiakan hasil laporanya
kepada pihak ketiga.
- meneliti catatan dan fisik yang ada dikoperasi dan
mendapatkan keterangan
yang diperluka.
Manajer adalah seseorang yang
mengarahkan orang lain dan bertanggung jawab atas pekerjaan tersebut. Pemimpin
adalah mereka yang menggunakan wewenag formal untuk mengorganisasi, mengarahkan
dan mengontrol para bawahan yang bertanggungjawab, supaya semua bagian
pekerjaan dikoordinasi untuk mencapai tujuan perusahaan (Robert Tanembaum)
Tugas-tugas manajer :
Tugas-tugas manajer :
- Siklus pengambilan
keputusan, POSDC, penilaian dan pelaporan
- Manajer harus dapat menciptakan kondisi yang akan membantu
- Manajer harus dapat menciptakan kondisi yang akan membantu
bawahannya mendapatkan kepuasan dalam
pekerjaannya.
- Harus berusaha agar para bawahannya bersedia memikul tanggung jawab.
- Harus berusaha agar para bawahannya bersedia memikul tanggung jawab.
- Harus membina
bawahannya agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.
- Manajer harus
membenahi fungsi-fungsi fundamental manajemen dengan baik.
- Manajer harus
mewakili dan membina hubungan yang harmonis dengan
pihak luar.
Pendekatan Sistem pada Koperasi Menurut Draheim
koperasi mempunyai sifat ganda yaitu:
organisasi dari orang-orang dengan unsur eksternal ekonomi
dan sifat-sifat sosial (pendekatan sosiologi).
perusahaan biasa yang harus dikelola sebagai layaknya
perusahaan biasa dalam ekonomi pasar (pendekatan neo
klasik)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar